Wednesday, May 9, 2012

Terkini! Toshiba TEC Jepang Akuisisi Mesin Kasir IBM POS System

Prospek bisnis mesin kasir ternyata terus berkembang. Produsen elektronik Jepang, Toshiba Corp, dikabarkan membeli pabrik mesin kasir dan sistem pembayaran (point of sales/ POS) milik produsen komputer kelas dunia, IBM. Sebagai bukti keseriusan untuk bermain di segmen ini, Toshiba mengucurkan investasi senilai US$ 870 juta atau sekitar Rp 7,9 triliun.



 Kantor berita Reuters mengabarkan, transaksi ini rencananya selesai dalam dua hingga tiga bulan mendatang. Seorang sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan, manajemen Toshiba dan IBM tengah intensif menggelar perundingan untuk mematangkan rencana ini. “Dengan kesepakatan ini, Toshiba menjadi penyedia sistem POS terbesar di dunia,” kata dia, Selasa, 17 April 2012.

 POS merupakan serangkaian sistem dan mesin yang digunakan untuk menghitung transaksi pembayaran di gerai ritel. Sistem ini terdiri dari server data, jaringan komputer yang terpasang di setiap meja kasir, mesin kasir elektronik, serta mesin untuk menganalisis hasil transaksi itu. Penguasaan pabrik POS IBM akan memperkuat lini bisnis Toshiba.

Maklum saja, saat ini IBM menguasai 22 persen pangsa pasar POS dunia. Mereka memiliki beberapa klien kakap, di antaranya retail Wal-Mart dan toko mainan Toys R Us. Di sisi lain, Toshiba hanya memegang 7 persen pengguna POS secara global. Selain itu, IBM juga memiliki keunggulan lain berupa teknologi komputasi awan (cloud computing) yang memungkinkan pertukaran data transaksi tiap toko lebih cepat. Rumor aksi korporasi ini pun membawa angin segar pada saham Toshiba. Pada perdagangan kemarin di bursa Nikkei Tokyo, harga sahamnya melejit 7,5 persen ke level 329 yen.



 (Sumber)

No comments:

Post a Comment